cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
jpg.journal@um.ac.id
Editorial Address
Jl. Semarang No. 5 Building I1-101 65145.
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Geografi: Kajian, Teori, dan Praktik dalam Bidang Pendidikan dan Ilmu Geografi
ISSN : 08539251     EISSN : 2527628X     DOI : 10.17997
Core Subject : Science, Education,
Jurnal Pendidikan Geografi: Kajian, Teori, dan Praktek dalam Bidang Pendidikan dan Ilmu Geografi published two times a year in January and June. Jurnal Pendidikan Geografi: Kajian, Teori, dan Praktek dalam Bidang Pendidikan dan Ilmu Geografi provides scientific papers on Education and Geography both in Indonesian and English. A paper published in Jurnal Pendidikan Geografi: Kajian, Teori, dan Praktek dalam Bidang Pendidikan dan Ilmu Geografi are result of research, conceptual and literature review. Jurnal Pendidikan Geografi: Kajian, Teori, dan Praktek dalam Bidang Pendidikan dan Ilmu Geografi published by the Department of Geography Faculty of Social Sciences, State University of Malang. Journal publishing in print (since 1995) namely PENDIDIKAN GEOGRAFI: KAJIAN, TEORI, DAN PRAKTEK DALAM BIDANG PENDIDIKAN DAN ILMU GEOGRAFI. Since 2015, it is equipped with ISSN 0853-9251 (print) and 2527-628X (online).
Arjuna Subject : -
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 23, No 2 (2018)" : 9 Documents clear
Strategi Pengembangan Taman Wisata Kum Kum Sebagai Wisata Edukasi Di Kota Palangkaraya Evi Fitriana
Jurnal Pendidikan Geografi: Kajian, Teori, dan Praktek dalam Bidang Pendidikan dan Ilmu Geografi Vol 23, No 2 (2018)
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (311.113 KB)

Abstract

Rendahnya perhatian pemerintah daerah dalam rangka pengembangan kepariwisataan menjadi latar belakang penelitian ini. Masalah yang muncul adalah strategi pengembangan taman wisata Kum Kum di Kota Palangka Raya masih belum jelas. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis faktor-faktor internal dan eksternal yang mendukung dan menghambat dalam pengembangan Taman Wisata Kum Kum, dan (2) menentukan strategi pengembangan kawasan wisata Taman Wisata Kum Kum yang terletak di Kelurahan Pahandut, Kecamatan Pahandut, Kota Palangka Raya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan alat analisis SWOT (Strenghts, Weaknes, Opportunities, Threats). Data dikumpulkan melalui studi kepustakaan, observasi serta wawancara dengan Dinas Pariwisata, Bappeda, camat, lurah, tokoh masyarakat, masyarakat dan pengunjung. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan strategi pengembangan taman wisata Kum Kum antara lain membangun sarana prasarana seperti alat angkut dan sarana akomodasi, membuat atraksi wisata dan promosi obyek wisata, mengembangkan produk wisata, serta melibatkan pemerintah dan swasta dalam pengelolaan wisata.DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um017v23i22018p094
Pengembangan Suplemen Bahan Ajar Digital Pada Mata Pelajaran Geografi Dengan Topik Bahasan Sumber Daya Laut Berbasis Kearifan Lokal Ika Handayani Nurani Putri; Ulfatush Sholihah; Era Megawati Handayani; Sumarmi Sumarmi
Jurnal Pendidikan Geografi: Kajian, Teori, dan Praktek dalam Bidang Pendidikan dan Ilmu Geografi Vol 23, No 2 (2018)
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (167.92 KB)

Abstract

Indonesia memiliki potensi sumber daya laut yang tinggi. Potensi tersebut menyebabkan pemanfaatan berlebih, yang berdampak pada degradasi sumber daya laut. Oleh karena itu, perlu adanya cara pemanfaatan sumber daya laut yang ramah lingkungan. Kearifan lokal Jaring Tarik merupakan cara tradisional nelayan untuk menangkap ikan. Sayangnya, masyarakat nelayan beralih menggunakan teknologi modern. Cara seperti ini dikhawatrikan mengancam keberlanjutan sumber daya laut. Oleh karenanya, perlu adanya usaha untuk melestarikan kearifan lokal Jaring Tarik. Pelestarian kearifan lokal yang mampu menjaga keberlanjutan sumber daya laut dapat dilakukan melalui dunia pendidikan dengan suplemen bahan ajar yang memuat kearifan dalam pemanfaatan suber daya laut.DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um017v23i22018p078
Disiplin Tubuh dalam Program Keluarga Berencana (Studi Akseptor KB Desa Bandung, Diwek, Jombang) Muhammad Nur Hidayat
Jurnal Pendidikan Geografi: Kajian, Teori, dan Praktek dalam Bidang Pendidikan dan Ilmu Geografi Vol 23, No 2 (2018)
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (117.403 KB)

Abstract

Salah satu upaya mengatasi angka fertilitas yang tinggi yaitu dengan cara menggunakan alat kontrasepsi. Desa bandung merupakan desa dengan jumlah fertilitas yang tinggi. Namun, dalam waktu yang singkat desa tersebut menjadi desa yang jumlah angka fertilitasnya rendah di kecamatan Diwek. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap bagaimana praktik – praktik kekuasaan melalui pendisipinan tubuh terhadap akseptor KB. Tindakan koersif tidak lagi dilakukan dalam pelaksanaan program keluarga berencana. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan paradigma kritis dengan analisis wacana. Hasil penelitian menunjukan bahwa pendisplinan tubuh melalui tiga cara yakni normalisasi – regulasi dan panopticon. Wujud dari normalisasi yaitu dengan adanya hukuman dan pengganjaran. Sistem panopticon dilakukan dengan cara mendata wanita usia subur pada saat pra natal dan neo natal yang tindakan tersebut dilakukan secara diskontinyu tetapi memberikan efek yang kontinyu.DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um017v23i22018p107
Fenomena Gunung Api Gamalama Terhadap Dampak Aliran Lahar Alwi La Masinu; Mohamad Riva; Darno La Mane
Jurnal Pendidikan Geografi: Kajian, Teori, dan Praktek dalam Bidang Pendidikan dan Ilmu Geografi Vol 23, No 2 (2018)
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (604.842 KB)

Abstract

Fenomena erupsi gunung api gamalama Ternate tahun 2012 di picu oleh gempa tektonik lokal yaitu sebanyak 39 kali, Gempa vulkanik dalam 39 kali, Gempa vulkanik dangkal 11 kali dan beberapa gempa jenis lainnya, hal ini akan memicu pergerakan aliran fluida untuk melewati pipa kepundaan dan menuju pada bagian permukaan. Pada saat terjadi erupsi material gunung api masih terkumpul diatas fasies piroksimal kemudian terjadi hujan lebat akan membentuk lahar dingin (lahar sekunder) akibatnya menimbulkan kerusakan di beberapa kelurahan Kota Ternate. Potensi banjir lahar dingin akan lebih cepat untuk memindahkan material gunung api dari atas fasies piroksimal, yang melewati lembah terutama di kemiringan lereng > 40%. Jumlah hari hujan yang terjadi cukup besar setiap bulannya di Kota Ternate (tahun 2012) terutama pada bulan Januari hingga Juli. Bulan Agustus sampai Oktober curah hujan berkurang kemudian terjadi peningkatan curah hujan di bulan November dan Desember.DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um017v23i22018p113
Kontribusi Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah dan Motivasi Belajar terhadap Peningkatan Hasil Belajar Geografi Siswa SMA Nurul Mustovidah; Teguh Pribadi; Marni Marni
Jurnal Pendidikan Geografi: Kajian, Teori, dan Praktek dalam Bidang Pendidikan dan Ilmu Geografi Vol 23, No 2 (2018)
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (200.13 KB)

Abstract

There is the general consensus regarding the school library utilization and the learning motivation have a contribution to the learning outcome. Neverthenless, both the school library utilization and the learning motivation increase learning outcome remain were not answered, especially at public senior high school students in Palangka Raya. Some research in this study was conducted still partially and only have few students involved. The purpose of this study was to test contribution of school library utilization and learning motivation to geography learning outcome for state senior high schools 4 Palangka Raya. On the data survey on 115 participants - students of X grade of major social science in SMA Negeri 4 of Palangka Raya was chosen, a questionnaire of the school library utilization and the learning motivation was distributed. Besides, results of the formative test were adopted to measure learning achievement of geography subject. All scores were obtained then ranked in three classes. A multiple linear regression was performed to test contribution two independent variables on learning outcome of geography subject. We find the school library utilization contribute to learning outcome but not in learning motivation. In addition, the school library utilization and the learning motivation enhance effectively on learning outcome of geography subject although less. However, further studies on the school library contribution as learning resources are highly recommended to support present study.DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um017v23i22018122
Pengaruh Penambahan Modal terhadap Produktivitas Pertanian Tembakau di Kabupaten Buleleng Putu Indra Christiawan; Naftah Yulia Azizah
Jurnal Pendidikan Geografi: Kajian, Teori, dan Praktek dalam Bidang Pendidikan dan Ilmu Geografi Vol 23, No 2 (2018)
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (458.473 KB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di Kabupaten Buleleng dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh penambahan modal terhadap produktivitas tanaman tembakau. Desa Panji dan Desa Pemaron merupakan 2 desa di Kabupaten Buleleng yang memiliki lahan pertanian tanaman tembakau terbesar, dan menjadi penyuplai utama pada gudang tembakau di Kabupaten Buleleng. Di sisi lain, kedua desa ini memiliki jarak yang dekat dengan lokasi gudang tembakau. Rancangan penelitian  ini menggunakan rancangan penelitian survei analitik dengan analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel penambahan modal memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap produktivitas tembakau  di Desa Panji dan Desa Pemaron. Penambahan modal sebesar 50 juta sampai dengan 100 juta rupiah dapat menghasilkan tembakau sebanyak lebih dari 8000 Kg/Ha, sedangkan penambahan modal yang kurang dari 50  juta rupiah hanya dapat menghasilkan tembakau sebanyak 2000 Kg/Ha sampai dengan 6000 Kg/Ha. Kenyataan ini memperkuat temuan bahwa penambahan modal sangat mempengaruhi produktivitas pertanian tanaman tembakau.DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um017v23i22018p068
Pendidikan Kesiapsiagaan Bencana Tanah Longsor Untuk Siswa Anak Usia Dini Dengan Metode Dongeng Berbasis Media Pop Up Book Di Paud Dewi Sartika Kecamatan Bergas Andi Irwan Benardi
Jurnal Pendidikan Geografi: Kajian, Teori, dan Praktek dalam Bidang Pendidikan dan Ilmu Geografi Vol 23, No 2 (2018)
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (312.829 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendesain dan menyusun naskah dongeng tentang kesiapsiagaan bencana tanah longsor, mendesain dan membuat pop up book tentang kesiapsiagaan bencana tanah longsor, dan mengetahui tingkat efektivitas metode mendongeng dengan media Pop Up book dalam pendidikan kesiapsiagan bencana tanah longsor. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling  pada kelas rendah, sedangkan pengumpulan data dalam penelitian ini melalui observasi, wawancara dan  kuesioner. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan desain dan susunan naskah dongeng sesuai untuk anak usia PAUD Dewi Sartika Kecamatan Bergas. Desain dan pembuatan pop up book disesuaikan dengan naskah dongeng dan mempertimbangkan unsur gerak serta unsur tiga dimensi, dan tingkat efektivitas penerapan metode mendongeng dengan media Pop up book dalam pendidikan kesiapsiagaan bencana tanah longsor untuk siswa PAUD Dewi Sartika Kecamatan Bergas termasuk dalam kategori efektif dengan nilai gain sebesar 0,528 atau dalam kategori efektivitas sedang.DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um017v23i22018p085
KDT betty masruroh
Jurnal Pendidikan Geografi: Kajian, Teori, dan Praktek dalam Bidang Pendidikan dan Ilmu Geografi Vol 23, No 2 (2018)
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (8.925 KB)

Abstract

Acknowledment betty masruroh
Jurnal Pendidikan Geografi: Kajian, Teori, dan Praktek dalam Bidang Pendidikan dan Ilmu Geografi Vol 23, No 2 (2018)
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (5.881 KB)

Abstract

Page 1 of 1 | Total Record : 9